Isolasi Mandiri Berakhir dan Saya Sembuh!!

Jurnal hari ke 15, 16 hingga 17 memang sengaja tidak saya isi.

Perasaan setelah menuntaskan isolasi mandiri selama empat belas hari rasanya nanggung. Harap-harap cemas dan penuh ketidakpastian.

Tercatat selama tiga hari tersebut, perasaan campur aduk terasa. Tadinya yang biasanya sudah menerima dengan ikhlas takdir ini akhirnya runtuh sudah. Mimpi-mimpi selalu dibayangi dengan kejadian buruk, perasaan ingin beraktivitas normal seperti sediakala dan juga perasaan lainnya.

Continue reading

Jurnal Penyintas Covid19 Hari Ke 14

Senin, 14 Desember 2020

Isolasi Mandiri Hari Ke 14

Selamat pagi, ini merupakan hari keempat belas isolasi mandiri. Kalau sesuai aturan terbaru sih, seharusnya ini adalah isolasi terakhir sebelum dinyatakan sembuh. Tapi entahlah, informasinya simpang siur dan tidak jelas bahkan bagi kami yang bekerja di pelayanan kesehatan pun dibuat bingung, harus mengikuti aturan yang mana?

Continue reading

Jurnal Penyintas Covid19 Hari Ke 13

Minggu, 13 Desember 2020

Isolasi Mandiri Hari Ke 13

Selamat pagi mendung. Seharian kemarin hujan lebat disertai petir yang terus menggelegar. Tidur siang pun tak bisa karena kaget dengan suara petir. Pun lanjut hingga malam sampai pagi ini masih gerimis.

Alhamdullilah, kemarin dapat rezeki. Masih menunggu pesanan hadiah untuk Ibu sampai. Tak sabar rasanya melihat reaksinya nanti.

Pagi ini rasanya tak akan banyak kegiatan. Tadi sudah bersih-bersih kamar. Tinggal membuang sampah yang sudah menumpuk di tong sampah.

Kemarin dapat bonus ayam goreng, lumayan juga bisa buat sarapan pagi ini.

Oya semalaman menunggu Diari Misteri Sarah tapi kayaknya larut banget tayangnya akhirnya pagi ini baru bisa menonton.

Dingin banget pokoknya hari ini, butuh sinar matahari untuk berjemur sekalian ini jemuran masih pada basah.

Masih menunggu kabar kelanjutan isolasi mandiri ini, sudah pengin banget kelar. Ini informasinya berubah-ubah terus dan bikin bingung. Wajar kalau orang awam di luar sana pada tidak percaya dengan adanya pandemi ini. Lha wong kita yang bekerja di kesehatan saja masih banyak yang pada bingung.

Pagi ini menu sarapannya adalah nasi uduk dengan lauk ayam goreng tepung, dua buah perkedel, mie goreng, dan oseng tempe.

Lanjut menonton film korea berjudul “start up” lumayan menghibur di tengah cuaca yang mendung sepi ini.

Jurnal Penyintas Covid19 Hari Ke 12

Sabtu, 12 Desember 2020

Isolasi Mandiri Hari Ke 12

Selamat pagi. Semalaman hujan lebat, eh malah tidak bisa tidur. Mata terlelap sekitar pukul sebelas malam kemudian terbangun jam dua lebih seperempat. Melek selama sejaman kemudian baru tertidur lagi hingga bangun pukul setengah enam pagi.

Pagi ini ritual pagi bersih-bersih kamar sudah kelar. Gorden-gorden pun sudah saya copot dan cuci semuanya. Tinggal selimut plus sprei dan sarung bantal, mungkin nanti saja kalau sudah kelar karantina biar sekalian tidak bolak-balik.

Continue reading

Jurnal Penyintas Covid19 Hari Ke 11

Jumat, 11 Desember 2020

Isolasi Mandiri Hari Ke 11

Selamat pagi. Memasuki isolasi mandiri hari kesebelas. Bertepatan dengan Jumat Berkah, walaupun terhitung sudah tiga kali tidak melaksanakan ibadah wajib bagi muslim laki-laki ini.

Jumat kali ini juga bertepatan dengan pasaran manis atau legi.

Semalam lumayan kurang nyaman karena berasa ada dahak di tenggorokan serta hidung walaupun tidak sampai bikin pilek dan flu. Hanya saya oleskan minyak kayu putih saja untuk meringankan dan dibalurkan ke dada hingga tenggorokan. Alhamdulillah bisa tidur nyenyak walaupun mimpinya lumayan seram.

Continue reading

Jurnal Penyintas Covid19 Hari Ke 10

Kamis, 10 Desember 2020

Isolasi Mandiri Hari Ke 10

Selamat pagi. Memasuki isolasi mandiri hari kesepuluh. Pagi ini anggota grup kami bertambah empat orang. Selamat datang, selamat bergabung, sarkas bangetkah? Semoga tidak.

Kemudian saya berpikir, jika hasil swab yang keluar itu merupakan hasil dari pengambilan sampel lebih dari seminggu yang lalu dan baru keluar hasilnya, apa kabar selama menunggu hasil tadi, orang-orang yang sudah kontak erat atau berkerumun? Kalau dipikir secara nalar, mungkin saja mereka sudah menularkannya kepada orang lain. Ahhh memikirkannya membuat saya semakin pusing dan bingung.

Continue reading

Jurnal Penyintas Covid19 Hari Ke 9

Rabu, 09 Desember 2020

Isolasi Mandiri Hari Ke 9

Pagi ini cuaca mendung, jemuran yang sudah ditata rapi belum tersentuh sama sekali oleh sinar matahari.

Oya pagi ini tanggal merah karena ada pilkada serentak walau di Kabupetan Banjarnegara masih belum sekarang jadwalnya.

Semalam, tenggorokan bukannya gatal atau gimana tapi berasa ada dahak walau sedikit sehingga mengganggu. Alhamdulillahnya tidak sampai pilek dan batuk.

Continue reading

Jurnal Penyintas Covid19 Hari Ke 8

Selasa, 08 Desember 2020

Isolasi Mandiri Hari Ke 8

Selamat pagi, hari ini matahari melimpah ruah.

Tadinya saya pikir swab evaluasi bakalan dilakukan di hari kesepuluh, ternyata tidak. Di hari ke delapan ini, swab evaluasi dilakukan, Ya Allah, berharap sekali, hasilnya negatif.

Pagi tadi, mandi cepat yang biasanya saya tidak mandi pagi karena lebih enak pas akan salat dzuhur biar segar.

Continue reading